Saturday, November 19, 2016

Smartphone for Blogging, Yes I do!

Assalamualaikum semua! Hope you guys have a great weekend dan mencapai segala target di Bulan November ini. Yay, kali ini saya turut serta dalam kontes blogger dari Female Daily yang bekerja saman dengan Samsung Galaxy J Series yang bertema "Memaksimalkan Fungsi Smartphone dalam Kehidupan Sehari-hari Sebagai Blogger".  
Sebagai blogger newbie, saya sering mengalami "blogger's block" yaitu saat dimana saya menghadap laptop, inspirasi malah nggak ada, nggak tau mau ngetik apa, pada akhirnya harus close tabs dan kembali melakukan aktivitas lain atau malah main smartphone untuk cari inspirasi. Ujung-ujungnya malah tidak menghasilkan tulisan apapun mengingat setiap mau nulis, harus buka laptop dulu.  
Aktivitas menulis di blog selain sebagai pekerjaan juga merupakan sarana untuk menuangkan inspirasi, menebar manfaat, serta berkarya dalam bidang masing-masing bagi semua blogger. Isi blog yang berkualitas dengan intensitas posting yang berkala setiap minggu atau dalam penjadwalan tertentu adalah hal penting yang menjadi komitmen seorang blogger untuk tetap eksis. Ini merupakan hal yang masih saya pelajari, untuk keep posting at least once a week. Maka dari itu, sejak kembali mulai blogging, saya mulai memanfaatkan smartphone, gadget yang selalu dibawa kemana-mana. Berhubung saya mencari atau mendapat inspirasi tulisan dimana pun dan kapan pun, jadi ketika inspirasi dalam bentuk ide tema atau pun rangkaian kata-kata sudah tersusun di otak, saat itu juga sebisa mungkin saya tampung di smartphone, baik di notes mau pun langsung simpan di draft blogger. 
Saat ini smartphone adalah gadget yang paling banyak digunakan seluruh lapisan masyarakat. Semua orang di perkotaan hampir dipastikan memiliki smartphone sebagai alat komunikasi masa kini dengan berbagai fungsi tambahan yang mempermudah hidup kita semua. Khususnya seorang blogger merasakan kemudahan untuk blogging melalui smartphone. Hanya dengan smartphone dan aplikasi blogger yang dapat diunduh melalui play store atau mengakses melalui browser di smartphone, saya sudah bisa meng-update konten blog dimana pun dan kapan pun mendapat inspirasi.  
Samsung sebagai raksasa Android memiliki banyak pilihan smartphone berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan pasar di seluruh dunia. Sampai saat ini saya masih nyaman menggunakan smartphone dari Samsung, ditambah lagi aktivitas blogging jadi terasa lebih mudah. Dengan inovasi dan perkembangan teknologi yang kian maju, Samsung tidak berhenti berinovasi dengan mengeluarkan gadget seri terbaru untuk pelanggan setianya dengan berbagai model dan spesifikasi untuk berbagai lapisan masyarakat sesuai dengan budget, design produk, dan fitur penunjang yang dibutuhkan. Spesifikasi smartphone yang cukup lengkap dan sesuai dengan kebutuhan blogger masa kini salah satunya dimiliki oleh smartphone Samsung seri J, yaitu Galaxy J5 dan J7. Tampil dengan design yang sleek, kokoh, trendy dan elegant, smartphone ini sangat cocok untuk anak muda yang  mengingat harganya pula yang worth the money, alias tidak terlalu mahal untuk sebuah smartphone berkualitas. 

Hasil gambar
google image 
Berikut 4 alasan utama mengapa Samsung Galaxy J5 dan J7 mampu menunjang dan memaksimalkan aktivitas blogging dan online sehari-hari yang perlu kita ketahui:

1. Memiliki Kualitas Layar yang Baik


Front gold
Samsung.com
Sebagai pengguna smartphone kita seringkali menatap layar dalam waktu yang lama, apalagi kalau sudah keasyikan menulis konten postingan di blog. Ponsel dengan ukuran yang sesuai genggaman ditambah layar yang cukup besar adalah hal yang dibutuhkan supaya aktivitas blogging lebih nyaman dan kita tidak mengalami kesulitan membaca tulisan di layar. 

Samsung Galaxy J5 memiliki layar berukuran 5.2 inches HD dan resolusi 1280x720 pixers dengan teknologi display Super Amoled yang unggul, menghasilkan kontras dan warna yang tajam namun tetap ramah di mata. Demikian pula Samsung Galaxy J7 memiliki layar yang sedikit lebih besar yaitu 5.5 inches dengan kualitas layar yang sama menghasilkan tingkat kecerahan layar yang baik. 

Berdasarkan informasi yang saya dapat melalui wikipedia, teknologi layar Amoled yang merupakan perkembangan baru dari teknologi layar smartphone ini. Selain hemat daya, layar dengan teknologi tersebut diklaim dapat menghasilkan warna yang cerah meski berada di luar ruangan dengan sinar matahari yang terang. Jadi dalam keadaan minim cahaya mau pun tidak, layar smartphone yang berkualitas ini mampu menyesuaikan tingkat kecerahannya. Dengan layar yang cukup besar, tingkat kontras dan kecerahan yang baik, juga hemat daya, kurang apa lagi untuk membuat aktivitas menulis jadi lebih menyenangkan? 

2. Kapasitas RAM, Memori, dan 4G Internet Support


Nggak lucu kan saat sedang asyik-asyiknya nulis konten blog tiba-tiba smartphone nge-lack, bisa-bisa tulisan belum ter-save dan bikin mood menulis bahkan inspirasi jadi hilang. Blogger butuh banget smartphone yang mampu multitasking untuk browsing, menjalankan aplikasi, hingga update sosial media yang berjalan secara bersamaan. RAM dengan kapasitas 2GB sangat membantu kinerja sebuah ponsel untuk lebih responsif sehingga kecil kemungkinan untuk bergerak lamban dan lacking. Samsung Galaxy J5 menyediakan RAM sebesar 2GB serta prosesor Quad-core 1.2 GHz sebagai spesifikasi utama yang menunjang kecepatan kerja ponsel dalam menjalankan berbagai aplikasi di dalamnya. Sementara Samsung Galaxy J7 dengan ukuran RAM yang sama, memiliki CPU speed lebih besar yaitu Octa-core 1.6 GHz. Selain itu, dukungan memori sebesar 10.9 GB dan MicroSD external hingga 128GB sangat cukup untuk menyimpan data termasuk foto-foto high resolution untuk keperluan konten blog kita.

Samsung Galaxy J5 dan J7 mendukung kebutuhan dual-simcard untuk kita yang biasa membedakan simcard untuk internet-an dengan keperluan komunikasi pribadi. Selain itu jaringan internet yang mendukung 4G LTE yang membuat aktivitas online jadi lebih cepat di masa sekarang. 


3. High Quality Camera

Blog sangat identik dengan fotografi. Saya pribadi belum punya ilmu lebih jauh tentang fotografi, apalagi menggunakan kamera canggih. Tapi, bagaimana pun juga harus bisa membedakan mana foto yang berkualitas bagus dan tidak. Hasil jepretan yang bagus akan berpeluang lebih besar mengundang orang untuk membaca isi blog kita. 

Hasil gambar
google image/Samsung.com
Foto yang "blog-able" atau "instagram-able" masa kini tentunya memerlukan kamera dengan kualitas bagus, bukan hanya mengandalkan aplikasi editing saja. Hal yang kita butuhkan tentunya smartphone dengan kualitas kamera yang bagus untuk menangkap gambar baik di dalam mau pun luar ruangan. Sebagai blogger masa kini, untuk update konten secara cepat dan praktis menggunakan smartphone, harus didukung dengan fitur penunjang yang berkualitas pula. Resolusi kamera 13 Mega Pixels yang dimiliki Samsung Galaxy J5 dan J7 mampu menghasilkan gambar High Definition yang jernih didukung dengan kualitas layarnya yang oke pula. Kelebihan lainnya dari kamera smartphone yang menggunakan lensa F1.9 ini yaitu dapat mengambil gambar dengan lebih cepat, juga menghasilkan gambar yang bagus meski dalam keadaan minim cahaya! 

Hasil gambar
google image
Selain mengambil gambar sebuah objek, Samsung Galaxy J5 dan J7 juga ingin memuaskan penggunanya dengan kamera depan yang mendukung aktivitas selfie. Dengan resolusi 5 Mega Pixels kamera depan smartphone ini juga dilengkapi fitur LED (front flash) untuk pencahayaan yang selalu ON dimana pun dan beauty mode yang pasti digandrungi wanita-wanita. Mau selfie rame-rame atau we-fie juga? bakal seru banget dengan dukungan palm recognition atau sensor tangan yang memudahkan kita dalam mengambil gambar. Hebohnya lagi dengan fasilitas layar yang mendukung wide selfie yaitu layar yang mampu menangkap jangkauan lebih luas untuk selfie rame-rame dengan teman-teman atau keluarga. Wih, mantep deh, selain mempermudah dalam blogging, aktivitas sosial kita juga jadi lebih seru dengan fasilitas pendukung dari Samsung Galaxy J5 dan J7 ini. 


4. Manager Pintar

Semua tepat di tempatnya
Samsung.com
Samsung Galaxy J5 dan J7 dilengkapi pula dengan fitur Smart Manager untuk memaksimalkan kinerja smartphone, khususnya dalam hal keamanan (mencegah malware), mengoptimasi penggunaan baterai dan memori. Aktivitas blog seringkali didukung dengan browsing webpage, googling, buka aplikasi, sampai update sosial media. Jika tidak dibantu dengan fasilitas seperti Smart Manager ini, kinerja smartphone akan kurang maksimal. Meski pun telah didukung dengan kapasitas yang baik, kita sebagai pengguna gadget yang bijak juga harus tahu bahwa smartphone merupakan mesin yang harus terawat dengan semestinya agar dapat bekerja dengan baik.

Fitur Smart Manager dalam Samsung Galaxy J5 dan J7, juga smartphone Samsung lainnya memiliki fungsi yang pertama yaitu security, dimana proses penyaringan atau pemindaian akan dilakukan oleh fitur ini untuk mendeteksi malware atau virus yang akan berpotensi "menjangkiti" perangkat smartphone kita. Aplikasi ini akan memperingatkan pengguna saat perangkatnya akan terserang malware yang biasanya datang dari situs atau halaman web tertentu juga aplikasi yang illegal.

Kedua, Samsung Smart Manager berfungsi dalam mengatur storage dan RAM. Saat kita mengakses data melalui browser dan menyimpan data-data tertentu biasanya terdapat temporary files seperti cache atau cookies yang kalau sudah menumpuk akan membuat RAM menjadi penuh. Smart Manager dapat membantu kita untuk mengoptimasi storage dengan menghapus junk file yang memenuhi ruang penyimpanan smartphone kita.
Membuat kegembiraan bertahan lama
Samsung.com
Fungsi ketiga yang cukup penting adalah mengoptimasi penggunaan baterai dengan memperingatkan persentasi baterai, serta kehadiran Ultra Power Saving Mode yang dapat mengurangi konsumsi baterai dengan menutup aplikasi yang tidak diperlukan. Saat baterai sudah low dan kita masih membutuhkannya untuk panggilan atau pesan penting, fasilitas ini dapat meminimalisir penggunaan daya sehingga smartphone tetap aktif saat kita butuhkan.

Yes, itu dia 4 alasan mengapa Samsung Galaxy J5 dan J7 merupakan smartphone yang ideal untuk kita, terutama untuk membantu aktivitas blogging dan online lainnya. Dengan fungsi-fungsi dan fitur tersebut, ditambah aplikasi pendukung yang dapat kita peroleh secara gratis melalui play store, kegiatan sehari-hari kita dapat terbantu dan lebih maksimal dalam menghasilkan karya dimana pun dan kapan pun.
Kalau ingin tahu info mengenai spesifikasi lebih lengkap yang dimiliki Samsung Galaxy J5 bisa dilihat melalui web page Samsung dengan klik link berikut Samsung Galaxy J5 dan juga Samsung Galaxy J7. Lebih senang main sosmed? cus menuju tempat update info tentang smartphone Samsung yang keren-keren serta event yang diadakan oleh Samsung Indonesia melalui twitter @samsung_ID, Instagram @samsung_ID, dan facebook page "Samsung Mobile Indonesia". 
Semoga bermanfaat untuk semua, Keep Blogging, Keep Sharing and Inspiring! Wassalamualaikum :)



No comments:

Post a Comment